Tips merawat perangkat CCTV

//Tips merawat perangkat CCTV

Tips merawat perangkat CCTV – setelah pemasangan dan instalasi CCTV bukan berarti kita membiarkannya berjalan merekam kejadian sekitar begitu saja, namun perangkat komponennya juga butuh perawatan agar supaya tetap bekerja dengan baik dan bisa bertahan lebih lama. Nah, apabila kalian melakukan perawatan kalian juga akan mendapatkan keuntungan yakni rekaman yang didapat tetap berkualitas dan mencegah dari kerusakan yang menyebabkan harus mendatangkan teknisi. Hal itu akan merugikan bagi kita karena harus mengeluarkan uang untuk jasa teknisi atau penggantian perangkat yang rusak. Tidak susah sebenarnya merawat CCTV dan kali ini kita akan memberikan tips untuk perawatannya:

  1. Menjaga kebersihan

Yang pertama adalah menjaga kebersihan, hal ini tidak hanya pada kamera saja namun keseluruhan. Karena ada perangkat yang sensitif terhadap debu, maka perhatikan betul agar kebersihan perangkat tetap terjaga dan tidak mengganggu kinerja CCTV itu sendiri. Juga hal penting adalah kebersihan lensa kamera, terkadang kamera yang sulit dijangkau akan mudah berdebu sekali-sekali usap lensa menggunakan kain. Agar hasil rekaman tidak buram terhalang debu.

  1. Mengecek keseluruhan komponen

Tidak dapat ditebak, kapan bencana akan datang. Maka kita harus tetap waspada dan berantisipasi dengan cara selalu mengecek rutin keseluruhan komponen. Pastikan komponennya tetap terjaga dari masalah yang dapat menyebabkan penurunan kinerja perangkat CCTV. Sering-sering mengecek kabel, dikhawatirkan ada yang tidak terhubung ataupun putus dimakan tikus.

  1. Perhatikan pengaturan rekaman

Pada perangkat CCTV terdapat berbagai pengaturan, aturlah sesuai keinginan anda. Misal saja pengaturan masa jangka waktu penyimpanan hasil rekaman atau mengatur kualitas gambar hasil rekaman, dll.

  1. Backup hasil rekaman

Mem-backup atau mencadangkan hasil rekaman adalah alternatif menyimpan file rekaman tanpa harus memakan memori penyimpanan. Hal ini dilakukan  jika kapasitas penyimpanan dirasa sudah terlalu penuh. Pilah mana yang menurut anda penting atau hapus saja yang menurut anda sudah tidak penting lagi.

Nah, setelah kami memberikan tips kami berharap ini akan bermanfaat. Lakukan pengecekan rutin pada perangkat anda agar peluang terjadinya kerusakan sangatlah kecil.

 

By |2019-12-06T06:49:41+00:00December 6th, 2019|Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment