Pengertian CCTV dan perangkat-perangkatnya

//Pengertian CCTV dan perangkat-perangkatnya

Pengertian CCTV dan perangkat-perangkatnya – CCTV adalah kamera video digital yang berfungsi untuk memantau tempat dimana CCTV itu terpasang yang kemudian diteruskan kepada perangkat yang terhubung. CCTV adalah kepanjangan dari Closed Cirkuit Television yang memiliki arti televisi signal yang sifatnya tertutup atau lebih jelasnya adalah televisi yang sifatnya tidak universal yang hanya bisa dilihat oleh pemiliknya. Artinya gambar atau video yang diambil oleh televisi nirkabel ini berasal dari kamera yang telah dipasang oleh pemilik. Kebanyakan orang beranggapan bahwa perannya sangat penting dibidang keamanan, tapi sebetulnya tidak hanya untuk keamanan saja misalnya untuk memantau kedisiplinan di lapangan kerja. Biasanya kamera CCTV dipasang oleh pemiliknya pada sudut-sudut strategis wilayah yang dianggapnya perlu pengawasan sehingga suatu objek yang diawasi tidak tahu keberadaanya dan juga tidak mudah menjangkaunya.

Nah, berikut ini adalah perangkat-perangkat yang harus ada untuk mendukung kinerja kamera CCTV;

  1. monitorMonitor CCTV

Monitor CCTV digunakan untuk memantau atau melihat hasil rekaman gambar yang diambil oleh CCTV. tak perlu istimewa untuk memilih monitor yang akan digunakan untuk memantau CCTV, entah itu LED, LCD, CRT atau tabung. Yang terpenting adalah memiliki koneksi kabel koaksial maka monitor dapat digunakan.

  1. DVRPerekam video digital (DVR)

Perangkat yang satu ini memiliki fungsi sebagai penyimpanan data visual yang direkam untuk kemudian diubah menjadi video kemudian dapat ditampilkan pada televisi atau monitor. Format file ekstensi sangat beragam tinggal anda menentukan mana yang ingin digunakan. Pada umumnya, kapasitas penyimpanan DVR sekitar 100GB bahkan lebih.

  1. kamera cctvKamera CCTV

Kamera CCTV adalah sebuah kamera video digital yang difungsikan untuk memantau dan mengirimkan sinyal video pada suatu ruang yang kemudian sinyal itu akan diteruskan ke DVR dan akan ditampilkan pada monitor. Kegunaan kamera CCTV adalah untuk memantau keadaan dalam suatu tempat yang dianggap oleh pemiliknya butuh pengawasan.  Bukan hanya mengawasi kejahatan saja namun juga bisa mengawasi kedisiplina karyawan dalam lapangan kerja.

  1. adaptor dan power supplyAdaptor dan power supply

Yaitu sebuah teknologi yang digunakan untuk memberikan tegangan kepada kamera CCTV agar dapat berfungsi. Adaptor dan power supply ada beberapa jenis yang membedakan besar kecil suatu tegangannya. Masing-masing kamera CCTV menggunakan adaptor dan power supply dengan tegangan yang berbeda, tergantung dari jenis kamera CCTV itu sendiri.

  1. nvrNetwork Video Recorder (NVR)

NVR adalah perangkat perekam yang berbasis protokol internet, digunakan sebagai media penyimpan rekaman segala aktifitas yang ditangkap oleh kamera IP. Video ataupun gambar yang ditangkap oleh kamera akan ditransfer melalui jaringan (network). Karena basis perangkat tersebut adalah IP, NVR dapat dikelola secara remote melalui LAN atau melalui internet sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar. Atau gampangannya, NVR adalah DVR-nya IP kamera. NVR dapat berupa hardware ataupun software yang diaplikasikan ke hardware lainnya semisal PC Laptop Notebook atau yang lainnya.

  1. kabel powerKabel Power

Untuk jenis kabel ini anda bisa menyesuaikan daya yang diperlukan oleh perangkat lain atau AC 220V ke adaptor dan power supply, hati-hati dan jangan terbalik. Kabel power terdiri dari 2 jenis yaitu NYA dan NYM. Pembeda adalah ukurannya, ukuran NYA adalah 2×1.5 mm kalau NYM adalah 3×2.5, disertai dengan instalasi pipa high impact conduit agar lebih aman.

  1. tang crimpingTang Crimp

Tang crimp adalah alat yang digunakan untuk memotong kabel namn ada kelebihan tersendiri dibanding tang biasa yakni dapat digunakan untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial.

  1. kabel coaxialKabel Coaxial

Kabel ini merupakan perantara sinyal video yang direkam melalui kamera pengintai, ada beberapa jenis untuk kabel ini, diantaranya adalah : –  RG59, penggunaan pada jarak 750kaki – RG6, penggunaaan pada jarak 1000kaki – RG11, untuk penggunaan 1500kaki atau lebih.

  1. bnc konektorKonektor RF

Konektor RF atau biasa disebut sebagai Bayonet Neil Concelman (BNC) adalah tambahan untuk ujung kabel coaxial yang fungsinya adalah untuk menghubungkan perangkat CCTV  dengan alat perekam (DVR).

demikian perlengkapan yang harus ada pada saat pemasangan CCTV dan kami menyediakan seluruh perlengkapan tersebut. Kami juga menyediakan jasa instalasi CCTV.  Pasang CCTV? Percayakan kami.!!!

By |2019-11-05T07:31:27+00:00November 5th, 2019|Uncategorized|0 Comments

Leave A Comment